menu

tex

Selamat Datang Di Blog Ulil Absor Dan Terima Kasih, Telah Berkunjung

twitter

Rabu, 06 Juni 2012

Sejarah Singkat Candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan candi penting dan termegah di Tanah Jawa, di Indonesia bahkan dunia. Dan candi borobudur itu merupakan salah satu  tujuh keajajaiban di dunia. Letaknya antara kota Muntilan dan Magelang Jawa Tengah. Dan candi Borobudur dibangun pada zaman dinasti “ Sailendra “ pada pertengahan awal abad ke 9 M ( 824 M ) pada dinasti “ Karang Tengah “ atau tahun 842 M pada dinasti “ Srikahulunan “.
Candi Borobudur dibangun  di daerah pegunungan yang dekat dengan banyak sungai dianaranya yaitu sungai “elo” dan “progo”dan lebarnya 123 x 123 meter persgi, dan panjangnya 42 meter, dan candi itu terdiri dari 10 permukaan setelah dasar dan memiliki tiga permukaan di atasnya dibangun berbentuk bulat yaitu berupa “ setupa “ yang besar, yang memiliki diameter sembilan meter, dan panjangnya tujuh meter, di dalamnya terdapat rongga ntuk meletakkan benda-benda yang suci.
Dan di dalam candi Borobudur terdapat banyak ukiran patung budha dan ditulis dalam bkuu-buku budha, dan terdapat hiasan ukirann pada dinding pada  enam permukaan yang lebih rendah, dan di candi Borobudur terdapat acara keagamaan yang diadakan oleh budha yaitu “ waisak “ yaitu ritual budha yang diadakan oleh orang-orang budhis yang diselenggarakan setahun sekali setiap bulan Mei. Acara ini diadakan untuk memperingati kelahiran dan kematian “ budha “.
Candi Borobudur baru ditemukan setelah seabad menghilang, yaitu pada raffless kira-kira pada tahun 814 M, yang tertutup oleh hutan yang lebat dan terdapat pada pohon-pohon yang rindang, maka salah seorang “ Corcelius “ membersihkan rafless dan para pekerja ikut membantu membersihkannya yang jumlahnya kurang lebih 200 orang. Di mana ukurannya yang besar dan bebatuan yang rusak dari tempatnya. Kemudian setelah itu diadakan renofasi dan penbaruan generasi ke generasi. download file

1 komentar:

  1. Thanks ya sob udah share , blog ini sangat bermanfaat sekali .............




    bisnistiket.co.id

    BalasHapus