menu

tex

Selamat Datang Di Blog Ulil Absor Dan Terima Kasih, Telah Berkunjung

twitter

Selasa, 05 Juni 2012

Ulul Azmi

Ulul Azmi

Gelar Ulul Azmi
Dari 25 Nabi , Al-Qur’an menyebutkan lima nabi yang mendapatkan gelar Ulul Azmi. Gelar ini diberikan kepada para nabi dan rosul yang memiliki ketabahann luar biasa dalam menyampaikan wahyu Allah kepada kaumnya. Kelima nabi tersebut adalah berdasarkan urutan sejarah 25 nabi dan rasul yaitu Nabi Nuh AS, Nabi Ibrahim AS, Nabi Musa AS, Nabi Isa AS, dan Nabi Muhammad SAW.

1.       Nabi Nuh AS
Nabi Nuh AS sangat sabar dalam menyampaiikan wahyu Allah kepada keluarga, kerabat, dan kaumny. Ia ia mendapat caci maki dan dianggap gila. Bahkan puteranya Kan’an tidak mentaati nasihatnya. Kemudian, Allah memerintah Nabi Nuh AS untuk membuat perahu yang di isi pengikutnya dan hewan secara berpasangan. Perintah Allah ini makin membuat Nabi Nuh AS dicemooh kaumnya. Alllah kemudian mendatangkan siksaan. Hanya pengikut Nabi Nuh AS dan hewan di kapal saja yang selamat. Selain itu semuanya musnah di telan laut termaksud istri dan anaknya yang tidak beriman kepadanya.

2.      Nabi Ibrahim
Nabi Ibrahim AS sejak kecil merasa ragu dengan tradisi kaumnya menyembah berhala. Ia lalu di bakar oleh Raja Namrud karena tidak  mau menyembah berhala, namun nyawanya di selamatkan oleh Allah SWT. Selama menyebarkan wahyu Allah, ia juga mendapat banyak ujian, seperti kesulitan mendapat keturunan dan di perintah untuk menyembelih Ismail, puteranya sendiri.
3.     Nabi Musa AS
Nabi Musa AS di buang oleh ibunya agar ia selamat dari pembantaian yang di lakukan oleh Fir'aun terhadap bayi laki-laki. Namun, nasib malah membawanya menjadi anak angkat Fir’aun. Karena suatu kesalah pahaman ia di buang dari negerinya. Dengan niatan untuk membasmi kezaliman Fir’aun yang menganggap dirinya Tuhan, ia kembali ke Mesir meski banyak ancaman diterimanya, terutama dari Bani Israel. Meski nyawanya diburu, ia tidak takut untuk menyampaikan ajaran Allah SWT.
4.     Nabi Isa AS
Nabi Isa AS memiliki keajaiban dapat bercakap-cakap sewaktu masih bayi. Ia anak yang cerdas dan menguasai semua ilmu Taurat. Dari wawasannya dan wahyu dari Allah ia berniat meluruskan agama dan akidah kaumnya, namun, banyak tantangan yang diterimanya, terutama dari Bani Israel. Meski nyawanya diburu, ia tidak takut untuk menyampaikan ajaran Allah.
5.      Nabi Muhammad SAW
Nabi Muhammad SAW adalah nabi yang yatim piatu sejak kecil. Akhlaknya yang melia tumbuh sejak kecil. Ia mendapat wahyu pertama kali dari Allah ketika berusia 40 tahun. Tantangan dari kaumnya yang yang menyembah berhala sangat  besar, termasuk pamannya bernama Abu Lahab. Namun, kebesaran hati dan tekadnya ia mampu menyebarkan agama Islam di seluruh penjuru Arab.

Semoga bermanfaat untuk para pembaca artikel islam ulilabsor26.blogspot.com, yang mengenai mengenai Ulul Azmi. Sekian, kurang lebih harap di maklumi... download file

Tidak ada komentar:

Posting Komentar